Menentukan Harga Jasa Desain Grafis

Tips Menghitung Harga Jasa Desain Grafis

Bagi anda  yang memiliki bakat di bidang desain grafis dan sedang menangani proyek desain tertentu, baru ingin memulai melamar pekerjaan di bidang jasa desain grafis atau telah memiliki pekerjaan di bidang jasa desain grafis tentunya anda akan bertanya-tanya harga yang pantas anda kenakan kepada customer ataupun gaji yang sepantasnya anda dapatkan dari bos anda berapa..??

Pertanyaan yang akan selalu muncul adalah berapa harga jasa desain grafis untuk desainer yang profesional ataupun standar harga yang akan diberikan di publik. Harga ideal yang dimaksud disini berarti tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah sehingga harga jasa anda berada di tengah-tengah ataupun standar. Pada dasarnya harga jasa desain grafis akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keahlian anda dalam mendesain. Semakin tinggi kemampuan anda dalam memberikan hasil desain yang memiliki kualitas bagus maka pada umumnya upah anda juga akan semakin tinggi. Tentunya harga dari seorang desainer grafis amatir ataupun yang baru dan masih belum begitu dipercaya, akan berbeda dengan tawaran harga dari desainer grafis yang sudah profesional. Desain grafis yang profesional tentu saja tidak akan diperoleh dengan mudah dimana harus melalui berbagai tahap serta pengalaman-pengalaman mendesain. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh desainer grafis antara lain seperti mendesain brosur, desain logo, desain label kemasan produk, desain cover buku dan berbagai jenis desain lainnya.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil karya desain anda akan masuk ke dalam kategori masih amatir atau profesional untuk menjadi penentuan dalam harga jasa desain grafis yang anda tawarkan. Faktor-faktor tersebut antara lain proses desain, standar atau indeks harga per jam kerja, investasi yang sudah anda lakukan sebagai seorang desainer grafis, jumlah pesanan yang sudah pernah anda kerjakan, pengalaman anda yang biasa dinilai dari jam terbang dan antrian pekerjaan yang sedang menunggu.

Proses Desain

Proses desain grafis tidaklah segampang dari jenis-jenis desain lainnya yang hanya memerlukan pensil dan kertas lalu anda sudah dapat menuangkan ide anda. Berbeda dengan desain grafis, desain ini memerlukan keahlian dalam mengaplikasikan berbagai software komputer. Selain itu, tugas dari desainer grafis harus menyesuaikan desain anda dengan keinginan dari klien anda. Harga jasa desain grafis sangat ditentukan oleh proses desain ini. Para klien yang memiliki bisnis atau perusahaan akan sangat membutuhkan desainer grafis yang berpengalaman dan dapat memberikan hasil yang memuaskan sehingga dapat merepresentasikan perusahaan klien tersebut dengan baik dan meningkatkan marketing mereka. Seperti membuat brosur yang akan dibagikan kepada para calon pembeli, dengan bantuan desainer grafis, maka desain brosur perusahaan tersebut akan lebih teratur.Beberapa langkah-langkah dalam sebuah proses desain untuk mendapatkan harga jasa desain grafis yang bagus adalah melakukan briefing analysis atau analisis kasar terlebih dahulu. Briefing analysis merupakan proses desain pertama yang harus anda lakukan sebagai seorang desainer grafis untuk mendapatkan harga jasa desain grafis yang bagus. Di analisa brief inilah, anda harus menanyakan secara jelas dan memahami keinginan dari para klien. Semakin anda memahami keinginan klien anda, anda akan dapat membuat sebuah hasil desain yang lebih maksimal.Langkah kedua adalah brainstorming. Brainstorming merupakan sebuah sistem proses elaborasi dari analisa brief. Di langkah ini, anda harus tetap mengumpulkan informasi tambahan selain tahap analisa brief sehingga melengkapi inspirasi untuk desain anda. Di tahap ini anda dapat melakukan analisa singkat untuk mendapatkan ide yang kreatif kemudian melakukan rancangan dari inspirasi yang telah anda dapatkan tersebut dan dituangkan dalam bentuk desain grafis. Tahap selanjutnya adalah proses kreatif, draft serta membuat desain.  Setelah mendapatkan inspirasi dari hasil desain anda. Lanjutkan dengan proses kreatif yaitu membuat sistem dan konsep dari desain anda kemudian dilanjutkan dengan drafting atau menggambar desain tersebut. Setelah draft anda mendapatkan persetujuan, anda dapat langsung membuat desain  tersebut kemudian direvisi oleh klien dan jika mereka telah sesuai dengan hasil karya anda, maka anda dapat mencetak hasil desain grafis anda.

Standar atau Indeks Harga

Indeks atau standar harga jasa desain grafis biasanya akan dihitung per jam. Menurut beberapa analisa yang dilakukan, rata-rata gaji seorang desainer grafis berada di kisaran Rp 2.5jt hingga Rp 5jt sesuai dengan keahlian dari para desainer grafis. Cara menghitung indeks harga jasa desain grafis per jam adalah dengan cara sebagai berikut. Bagilah gaji perbulan anda (misalkan Rp 4jt) dengan banyaknya jam kerja per hari anda (misalkan 8 jam per hari) kemudian dibagi lagi dengan jumlah hari kerja dalam sebulan (misalkan 24 hari) maka anda akan mendapatkan indeks harga per jam anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *